0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

Musrenbang Buleleng 2017 Bahas Dua Ribu Usulan Untuk RKPD 2018

Admin ekbangsetda | 17 Maret 2017 | 277 kali

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Buleleng 2017  digelar untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2018 digelar di Gedung Mr.Puja,16/3. Hasil perjalanan Musrenbang dari tingkat desa sampai tingkat camat se-Buleleng sampai Pra Musrenbang Kabupaten  menghasilkan usulan pembangunan mencapai dua ribu usulan lebih.

Kegiatan Musrenbang ini dibuka oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan sesuai tema Musrenbang 2017, yaitu “Membangun Investasi, Memantapkan Infrastruktur dan Pertanian Untuk Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif”, maka  pembangunan 2018 harus menyasar hasil pembangunan yang merata pertumbuhannya sehingga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Karena itu, Bupati mengatakan maka penekanan pembangunan ke depan adalah industri pertanian, disamping hal-hal yang bersifat investasi, serta akan didorong dengan pembangunan makro dengan infrastruktur seperti pembangunan jalan shortcut. Ditegaskan, tahun depan pembangunan pertanian akan digerakkan dengan cepat,”Pengembangan pertanian akan dibiayai, diedukasi dari hulu sampai hilir,” ucapnya. 

Terkait dengan pembahasan dua ribu lebih usulan pembangunan yang dibahas dalam kegiatan Musrenbang itu, Kepala Bappeda  Litbang Buleleng,Ir.Gde Darmaja,M.Si. mengatakan pembahasannya melibatkan Bappeda Litbang Bali, Instansi dan lembaga provinsi Bali terkait untuk mengetahui kebijakan pembangunan dari pemerintah provinsi, serta melakukan pendekatan teknokrasi ke semua OPD Provinsi.

Sementara itu Ketua DPRD Buleleng, Gde Supriatna menyampaikan pokok-pokok pikiran yang mengingatkan  agar penyusunan RKPD 2018 dapat memperhatikan secara maksimal usulan program pembangunan desa hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan, Target RPJMD, dan  masukan anggota DPRD Buleleng berdasarkan hasil reses, serta memperhatikan rencana pembangunan provinsi dan nasional.(st)

https://bulelengkab.go.id