0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

KOORDINASI DAN VALIDASI DATA SUMBER DAYA ALAM DI KECAMATAN SUKASADA

Admin ekbangsetda | 26 Agustus 2018 | 244 kali

Bagian Perekonomian dan Pembangunan melakukan kegiatan pendataan sumber daya alam yang dilaksanakan oleh Sub Bagian Sumber Daya Alam. Dan jadwal hari ini Jum’at (24/8) adalah pendataan di Kecamatan Sukasada. 

Tim berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Sukasada, perangkat  Desa Wanagiri, Desa Gitgit, Desa Sambangan dan perangkat Desa Ambengan.

Dijelaskan secara administrasi Kecamatan Sukasada memiliki empat belas desa dan satu kelurahan. Dan dilihat dari topografi wilayah bahwa Kecamatan Sukasada berada pada dataran tinggi yang memiliki potensi sumber daya hutan, kawasan pertanian/peternakan, perkebunan  dan kawasan pariwisata.

Untuk kawasan hutan Kecamatan Sukasada memiliki kawasan hutan lindung dengan luas kawasan 590 Ha yang tersebar di Desa Selat, Desa Kayu Putih Melaka, Desa Tegallinggah, Desa Panji Anom, Desa Sambangan, Desa Wanagiri, Desa Ambengan, Desa Silangjana, Desa Pegayaman dan Desa Pancasari.

Sedangkan untuk lahan  pertanian, Kecamatan Sukasada memiliki luas lahan pertanian irigasi seluas 3.728 Ha dan untuk non irigasi seluas 58 Ha,.

Dari sektor pariwisata, Kecamatan Sukasada tidak memiliki wisata pantai namun karena wilayahnya berbukit maka obyek wisatanya banyak bertumpu pada wisata alam yaitu air terjun dan tracking.

Kecamatan Sukasada juga memiliki obyek wisata air terjun, yaitu Air Terjun Aling Aling yang berada di Desa Ambengan, Air Tejun Jembong yang berlokasi di Desa Ambengan yang dimanfaatkan untuk tempat rekreasi dan irigasi persawahan. Air Terjun Gitgit yang berlokasi di Desa Gitgit, Air Terjun Banyumala yang berlokasi di Desa Wanagiiri

Di Desa Silangjana terdapat tiga buah air terjun yang sedang dikembangkan yaitu air terjun Tirta Gangga, Batu Kuning dan Batu Pilah.

Di Kecamatan Sukasada khususnya di Desa Sambangan dialiri oleh aliran sungai Tiying Tali yang merupakan wilayah Balai Sungai Provinsi Bali, yang mana aliran sungainya disamping dimanfaatkan sebagai aliran irigasi juga dimanfaatkan oleh Investor PT. Mura Panji dengan mendirikan Pembangkit Listrik Mini Hydro.

Selain itu Kecamaran Sukasada memiliki dua buah danau yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan.