0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

KOORDINASI DAN VALIDASI DATA SUMBER DAYA ALAM DI KECAMATAN BANJAR

Admin ekbangsetda | 29 Agustus 2018 | 235 kali

Bagian Perekonomian dan Pembangunan melakukan kegiatan pendataan sumber daya alam yang dilaksanakan oleh Sub Bagian Sumber Daya Alam. Dan jadwal hari ini Selasa (28/8) adalah pendataan di Kecamatan Banjar. 

Tim diterima langsung oleh staf Pembangunan Camat Banjar yang menyampaikan bahwa secara administrasi Kecamatan Banjar memiliki luas Wilayah 172,60 Km2 terdiri dari tujuh belas Desa Dinas. Sedangkan potensi sumber daya alam, Kecamatan Banjar memiliki lahan pertanian seluas 664 Ha yang tersebar diberbagai desa se Kecamatan Banjar. Luas areal perkebunan 8,233 Ha, dan untuk kawasan hutan seluas 1.981 Ha.

Kecamatan Banjar Juga memiliki panjang pantai sepanjang 8,06 Km yang terletak di Desa Kaliasem, Desa Temukus, Desa Dencarik dan Desa Banjar.

Sedangkan disektor pariwisata Kecamatan Banjar mengandalkan obyek wisata alam air terjun, pantai dan desa wisata diantaranya air terjun Sing-Sing, pemandian air panas, wisata agama Brahma Vihara – Arama Banjar Tegehe, dan dibeberapa desa di Kecamatan Banjar ditetapkan  sebagai desa wisata seperti Desa Sidetapa, yang mengedepankan adat istiadat desa setempat.