0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

DESA MAYONG, WAKIL KECAMATAN SERIRIT DALAM LOMBA DESA

Admin ekbangsetda | 06 Maret 2018 | 515 kali

 

            Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018  untuk Desa Mayong Kecamatan Seririt yang diselenggarakan pada hari Senin 5 Maret 2018 dirangkaikan dengan Lomba BKB dan Lomba Toga, untuk Kecamatan Seririt diwakili oleh Desa Mayong, acara penilaian ini dihadiri Bapak Wakil Bupati didampingi oleh anggota DPRD Kab. Buleleng Dapil Kecamatan Seririt, Staf Ahli Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Kepala OPD Pemkab Buleleng, Muspika Kecamatan Seririt dan Forkom Perbekel Kecamatan Seririt dan Tim Pembina dan Penilai Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018.

            Sebelum Bapak Wakil Bupati memberikan sambutan dalam acara penilaian ini, beliau langsung ketempat Pameran UKKM Desa Mayong yaitu kerajinan seperti Ingka dan kelengkapan penjor, Kuliner, buah-buahan lokal dan jamu kunyit lunak. Pada kesempatan itu beliau sempat menikmati jamu lunak dan membagikan kepada camat serta perbekel /lurah se-kecamatan seririt dan pada kesempatan itu juga Bapak Wakil Bupati melihat anak-anak paud yang berkerasi atau bermain menunjukan bahwa anak-anak ini menikmati pendidikan diusia dini.

            Pemaparan Bapak Perbekel Mayong tentang Desa Mayong, bawasannya Aparatur Desa Dinas yang berada di desa Mayong telah bebas KKN dan dari segi pendidikan Desa Mayong pada tahun 2017 telah bebas dari buta aksara. Dalam hal pertanian Desa Mayong sangat potensi karena tanah dan air sebagai pertanian sangat mencukupi untuk itu pertanian di desa mayong sangat menunjang kesejahtraan desa mayong khususnya. Desa Mayong juga merupakan daerah pariwisata karena panorama alam yang sangat indah terbukti banyak insvestor yang berinvestasi kepariwisataan di Desa Mayong

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng selaku Ketua Tim Pembina dan Penilai Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Tahun 2018 dalam sambutannya menyebutkan bahwa penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana desa mengimplementasikan program kegiatan yang telah direncanakan desa baik dari segi pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan yang merupakan unsur dari penilaian lomba dimaksud.

            Bapak Wakil Bupati dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan penilaian evaluasi perkembangan desa/kelurahan ini karena kegiatan ini dapat digunakan sebagai sarana evaluasi pemerintah daerah terhadap program-program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Beliau juga berpesan kepada Tim Pembina dan Penilai untuk secara obyektif melakukan penilaian sehingga dapat diketahui kekurangan di tiap desa yang nantinya dapat dilakukan penyempurnaan ke depannya serta untuk para Kepala Desa dengan adanya Undang-Undang No.6 Tahun 2016 tentang Desa maka dimungkinkan untuk desa dalam merencanakan kegiatan, mengelola keuangan dan melaksanakan kegiatan dari dana desa yang diperoleh, maka tantangannya adalah bagaimana para Kepala Desa dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparat desa baik dari sisi kemampuan dan pengetahuan agar dalam pelaksanaan kegiatan tetap sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku serta tetap melakukan koordinasi dan konsultasi kepada pihak-pihak yang berwenang.

            Dan Di akhir acara ada beberapa hiburan dari truna-truni  dan PKK Desa Mayong berupa paduan suara dan Tari Kreasi Bali serta ramah tamah dan lanjut dilaksanakannya penilaian oleh Tim Pembina dan Penilai Kabupaten Buleleng.