0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD KABUPATEN BULELENG DAN PEMBUKAAN MUSRENBANG TAHUN 2024

Admin ekbangsetda | 05 Februari 2024 | 215 kali

Dalam Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2025 dirangkai dengan acara Pembukaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Tahun 2024, yang diadakan di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja (Eks. Pelabuhan Buleleng) Senin, 5 Februari 2024. Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng menghadiri acara tersebut dalam rangka pembahasan sistem perencanaan pembangunan nasional di tahun 2025 dan Pembukaan  Musrenbang tahun 2024. Acara tersebut di buka oleh Pj Bupati Buleleng bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng yang selanjutnya acara tersebut dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, BUMD Kabupaten Buleleng, OPD lingkup  Kabupaten Buleleng, beberapa instansi dan beberapa kelompok organisasi masyarakat.

Sejalan dengan sistem perencanaan pembangunan nasional, maka RKPD Kab.Buleleng diharuskan mengacu pada dokumen RKP Nasional, RKPD Provinsi, yang selanjutnya menjadi acuan bagi penyusunan RKPD Kabupaten, terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2025. Yang beragendakan Pemaparan Rancangan Tema dan Prioritas Kabupaten Buleleng Tahun 2025 dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik.

Tujuan Konsultasi Publik tersebut merupakan sebagai penyampaian program prioritas pembangunan beserta tema  pembangunan  Kabupaten Buleleng Tahun 2025  sebagai  salah  satu  panduan   dalam   menyamakan   persepsi   dan   pemahaman  bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2025.  Serta juga bertujuan dalam penyepakatan program/kegiatan prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Buleleng  Tahun 2025.

 

Dalam kesempatan pidatonya Pj Bupati Buleleng mengharapkan acara konsultasi publik tersebut dapat benar-benar menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal dokumen RKPD tahun 2025 ini, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik.(dr)