0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

RAPAT KOORDINASI TIM SATUAN TUGAS KETAHANAN PANGAN BULELENG

Admin ekbangsetda | 07 Juni 2023 | 149 kali

Melalui Staf Sumber Daya Alam yang mewakili Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, ikut serta menghadiri Rapat Koordinasi Tim Satuan Tugas Ketahanan Pangan Buleleng, yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng(7/7/2023). Rapat tersebut di Pemimpin oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng sebagai pimpinan arahan serta di hadiri oleh masing-masing OPD.

Penyampaian dari hasil kegiatan rapat koordinasi tersebut diutarakan tentang Kelangkaan LPG Tabung 3 Kg, Kenaikan Harga Pangan di Tingkat Konsumen agar dapat diantisipasi. Tingkat inflasi di Buleleng berada pada angka 3,88 (yoy). Diharapkan inflasi pada Bulan Juni ini tidak meningkatkan dan tidak terjadi seperti tahun sebelumnya, mengingat akan adanya pelaksanaan hari raya Idul Adha. Terhambatnya ketersediaan Beras SPHP. Berdasarkan catatan dari Kemendagri telah terjadi kenaikan harga minyak goreng hingga 5% sedangkan yang Berkaitan dengan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) pada tanggal 26 Juni 2023 agar dapat dikoordinasikan dengan baik.

Dalam diskusi rapat tersebut  menghasilkan kesimpulam dalam rangka mengantisipasi kasus kelangkaan LPG pada saat hari-hari besar diharapkan pemda melalui ekbang dapat mengajukan permohonan alokasi fakultatif kepada PERTAMINA memalui SPBE. Diharapkan dapat disikapi terkait bantuan bibit cabai (Gerakan Tanam Cabai) yang diberikan oleh dinas pertanian kepada tiap desa agar dapat membuat mou agar hasil panen cabai yang ada dapat dibeli dan didistribusikan langsung ke BUMD. Dalam melakukan pengawasan ketersediaan komoditi dan memastikan kestabilan harga agar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dapat mengagendakan kegiatan pemantauan pada hari Jumat, 9 Juni 2023. Agar dapat dimonitor selalu penggunaan Dana Desa sebesar 20% untuk Ketahanan Pangan. Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2023 sebelum Hari Raya Idul Adha dan tanggal 30 Juli 2023 sebelum hari Raya Galungan. Diaharapkan BUMD dan Distributor dapat turut berpartisipasi.(dr)(staf PNS SDA)