0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

ASISTENSI PENYELESAIAN MASALAH BUMD AIR MINUM LIMBAH DAN SANITASI

Admin ekbangsetda | 12 Juni 2023 | 59 kali

Dalam rangka Asistensi Penyelesaian Masalah BUMD Air Minum, Limbah dan Sanitasi terkait Penyusunan Rencana Bisnis BUMD Air Minum, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng melalui Analist Muda Perekonomian mengikuti zoom meeting dari Kemendagri. Asistensi di pimpin oleh Ahli Keuangan dan Investasi Kementerian Dalam Negeri (sebagai narasumber), Ahli Teknik Penyehatan Lingkungan Kementerian Dalam Negeri (sebagai narasumber) serta diikuti seluruh Sekretariat Daerah se-Indonesia.

Dalam pendahuluann asistensi tersebut menjelaskan tentang Renbis BUMD Air MInum ditengah sistem perencanaan dan Landasan Hukum. Muatan Renbis BUMD Air Minum yang termasuk dalam penyusunan visi dan misi yang diantaranya Misi untuk Kabupaten/Kota dengan Meningkatkan kesalehan sosial dan kesejahteraan masyarakat, Meningkatkan daya saing perekonomian masyarakat dan pengembangan usaha berbasis sumber daya alam dan pariwisata,  Meningkatkan integrasi, koneksitas, kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, Meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan Kesehatan, Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan kerjasama antar daerah dalam kerangka tata kelola pemerintahan yang baik.

Sedangkan Misi pada BUMDAM, Memberikan Pelayanan Air Minum Dengan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Sesuai Dengan Persyaratan Serta Memperhatikan Keterjangkauan Masyarakat, Meningkatkan Cakupan Pelayanan Air Minum di Wilayah Kabupaten/Kota,  Meningkatkan Pendapatan Perusahaan Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Perusahaan dan Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), Meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia, penerapan teknologi dan Kesejahteraan Karyawan, Meningkatkan Peran Aktif Dalam Pelestarian Lingkungan Sumber Air Baku di Wilayah Kabupaten/Kota, Menjalankan usaha dengan dilandasi kepekaan yang tinggi agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggungjawaban kepada Pelanggan, Pemilik serta Pegawai, serta Meningkatkan kegiatan dalam rangka menunjang peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten/Kota.

Kondisi Eksternal dan Internal juga menjadi pembahasan dalam asistensi tersebut dalam mengidentifikasi kondisi eksternal dengan Data Perencanan dan Tata Ruang Daerah, Data Sosial dan Perekonomian Daerah, Data Keuangan (APBD) Pemerintah Daerah. Kondisi eksternal, adalah suatu gambaran kondisi ekonomi, pembangunan dan rencana Tata Ruang di luar koordinasi BUMD tetapi berkaitan erat dengan proses bisnis air minum (SPAM) yang dikelola BUMD. Tujuan dan manfaat dalam mengidentifikasi kondisi eksternal adalah mengetahui posisi dan potensi aspek perencanaan dan aspek Tata Ruang yang berakitan dan mendukung usaha SPAM yang dilakukan oleh BUMD, Mengetahui posisi dan potensi aspek perekonomian daerah yang berakitan dan mendukung usaha SPAM yang dilakukan oleh BUMD Air Minum, mengetahui posisi dan potensi aspek potensi keuangan daerah yang berakitan dan mendukung usaha SPAM yang dilakukan oleh BUMD Air Minum.

Identifikasi Internal dalam substansi Kinerja BUMD berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusda Air Minum , Kondisi internal gambaran yang menyeluruh terkait uraian perencanaan, pengusahaan dan kondisi infrastruktur sistem penyediaan air minum yang menjadi tanggung jawab BUMD. Tujuan dan manfaat dapat Mengetahui kinerja BUMD dalam mengelola penyediaan dan penyaluran air minum kepada masyarakat,  Mengetahui kondisi infrastruktur dan sistem penyediaan air minum yang dikelola BUMD, Mengetahui segmen (titik-titik penting) SPAM yang bermasalah dan perlu mendapatkan perhatian, serta Membantu perumusan analisis lingkungan strategis dari aspek internal.

Survei dan Analisis Kebutuhan Nyata substansi dalam Survei kebutuhan nyata (SKN) adalah kegiatan penelitian lapangan yang dilakukan untuk merekam perilaku calon pelanggan, pelanggan, dan manajemen BUMD. Real Demand Survey (RDS) menurut tollkit KPBU Bappenas, adalah survei terhadap kebutuhan yang benar-benar mencerminkan apa yang sebenarnya dibutuhkan. Obyek survei aktivitas ini mencakup unsur-unsur non pelanggan dan pelanggan baik rumah tangga maupun non rumah tangga. Tujuan dan manfaat Teridentifikasinya potensi pelayanan air minum dalam pengembangan calon pelanggan,  Teridetifikasinya perilaku dan kepuasan pelanggan terahadap layanan air minum yang telah diterima, serta Teridentifikasinya persepsi karyawan terhadap kinerja manajemen. Proyeksi kebutuhan bukan ditentukan oleh target tetapi berdasarkan potensi demand, sehingga proyeksi kedepan akan lebih riil, Untuk menjaring kebutuhan yang didasarkan pada suatu survey riil pada masyarakat, sehingga investasi dapat lebih optimal. (dr) (NS:kemendagri)