0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

WORKSHOP MEMBANGUN STATISTIK SEKTORAL MENUJU SATU DATA INDONESIA (SDI) KABUPATEN BULELENG

Admin ekbangsetda | 28 November 2023 | 367 kali

Dalam acara Workshop Membangun Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia di Bali Taman Spa 'n Resort, Selasa 28 Nopember 2023. Acara di buka oleh Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng yang didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng dan Narasumber dari BPS Kabupaten Buleleng, serta hadiri oleh perwakilan dari seluruh OPD se Kabupaten Buleleng.

Satu Data Indonesia (SDI) telah menjadi sangat penting perkembangan informasi teknologi serta komunikasi yang semakin cepat yang dibarengi dengan semakin kritisnya sikap masyarakat terhadap berbagai pelaksanaan dan hasil pembangunan yang sedang dilaksanakan telah mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk melaksanakan pemerintahan secara efektif, efisien dan transparan.

Sebagai sebuah jawaban terhadap tuntutan tersebut adalah upaya untuk menyelenggarakan pemerintahan yang berbasis elektronik, yang dikenal dengan e Government diharapkan akan memberikan dampak baik terhadap peningkatan efisiensi pada jalur informasi. Dengan adanya peningkatan informasi tersebut masyarakat umum serta pelaku bisnis akan dengan mudah mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan di berbagai hal yang mencakup Kabupaten Buleleng.

Dalam upaya pemerintah untuk memastikan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan dalam berbagai sektor. Kebijakan tersebut juga bertujuan untuk memudahkan akses dan berbagi data antara instansi pusat dan instansi daerah. Satu Data Indonesia menekankan prinsip-prinsip utama dalam pengelolaan data, termasuk memenuhi standar data, menyertakan metadata, mematuhi kaidah interoperabilitas data, serta menggunakan kode referensi dan/atau data induk. sehingga, penerapan SDI untuk meningkatkan tata kelola data sektoral dalam menciptakan ekosistem data yang lebih efisien, mengurangi duplikasi data, dan memastikan kualitas data yang lebih baik. Langkah tersebut akan bersamaan dengan perbaikan data-data yang dimiliki. Pemerintah akan lebih banyak penyelenggaraan dan pengelolaan data secara lebih baik sebagai langkah awal menuju terciptanya pemerintahan yang good governance.

Pemerintah Daerah berharap masyarakat serta pelaku bisnis dapat melihat berbagai perkembangan pembangunan serta potensi bisnis di Kabupaten Buleleng. Data dan informasi statistik dapat digunakan untuk menentukan prioritas dalam pelaksanaan pembangunan dan dijadikan acuan dalam evaluasi, pengendalian kegiatan pembangunan, menggambarkan antisipasi terhadap bencana, risiko dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan.

Mudah untuk mengambil suatu kebijakan, meminimalkan data secara kuantitas ataupun kualitas tidak akan menghasilkan analisa yang mendalam tentang suatu masalah dan tidak akan cukup kuat bila dijadikan bahan pengambilan keputusan atau perencanaan. Pemahaman atas data yang diperlukan serta sumber perolehan dari data tersebut, harus diidentifikasikan sebagai sesuatu yang sangat penting, mengingat betapa pentingnya data, maka perlunya penguatan kualitas data statistik sektoral baik dari aspek alur pengumpulan data maupun aspek proses pengelolaannya sehingga mendapatkan data yang baik, akurat. dan dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan kaidah statistik yang berlaku. (dr)