0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PASAR PANGAN LOKAL DAN GERAKAN PANGAN MURAH

Admin ekbangsetda | 07 Maret 2024 | 330 kali

Dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng turut serta menghadiri kegiatan Gelar Pasar Pangan Lokal dan Gerakan Pangan Murah, yang diadakan di Pelabuhan Tua Buleleng (7/03/2024). Dimana kegiatan acara tersebut di hadiri langsung Pj Bupati Buleleng yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Buleleng dan beberapa Kepala Satuan dari TNI, POLRI, seluruh Kepala Dinas yang ada di Kabupaten Buleleng serta para pelaku UMKM sebagai pelaku usaha yang menyediakan produk unggulan dari binaan kegiatan pasar murah.

Dalam kesempatan wawancara oleh awak media, Pj Bupati Buleleng menyampaikan bahwa dalam pemantauan pada bahan pokok yang tersedia relatif lebih murah, terutama beras ada kecenderungan harga beras dan bawang merah sudah mulai turun. Dan yang menjadi perhatian pemerintah daerah adalah Cabai Merah Besar yang masih belum stabil, dikarenakan hal tersebut hanya bisa diproduksi atau di tanam oleh daerah-daerah berdataran tinggi dan musim hujan juga berpengaruh pada produksi cabai, sehingga  menjadikan produksi cabai menurun namun kebutuhan meningkat.

Oleh karena itu Pj Bupati Buleleng menyampaikan perlunya diadakan suatu terobosan Adopsi Tekhnologi agar bisa mengatasi masalah tersebut, sehingga meskipun musim hujan dapat tetap memproduksi cabai. Dalam hal tersebut Pemerintah Daerah terus melakukan Upaya-upaya mengatasi masalah cabai dengan melakukan kegiatan pertanian dengan penanaman cabai serentak di Hutan Kota Singaraja pada Jumat pekan lalu. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan Cabai agar tidak lagi terulang permasalahan di tahun-tahun kedepannya. Sehingga Pemerintah Daerah dapat memantau dan bisa memastikan harga dapat dijangkau oleh Masyarakat, yang setidaknya dapat melakukan interfensi dalam bentuk subsisdi ataupun memberikan penurunan harga dalam mekanisme-mekasnisme lain.(dr)