0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

RAKOR PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

Admin ekbangsetda | 12 Februari 2024 | 304 kali

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng pada hari Senin 12 Februari Tahun 2024, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, mewakili Bapak PJ Bupati menghadiri secara daring Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi bersama Instansi terkait, perwakilan OPD/BUMD yang tergabung dalam TPID Kabupaten Buleleng. 

Beberapa point yang dibahas dalam rakor tersebut antara lain tentang peran pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Dengan menyiapkan  DAK2 dan DP4, mendorong Pemda untuk dapat membantu penyediaan sarana dan prasarana kepada KPU yang belum memiliki kantor/Gudang, mendorong Pemda untuk dapat membantu distribusi logistik, melakukan koordinasi dengan stake holders terkait, meminta kepada kepala daerah untuk memperkuat hubungan dengan forkopinda dan mengaktifkan tim penanggulangan konflik sosial serta menjaga netralitas ASN.

Pembahasan sealnjutnya adalah tentang inflasi tahun ke tahun dan inflasi bulan ke bulan, dimana berdasarkan kelompok (y-o-y) inflasi tahun ketahun  di Januari tahun 2024 terhadap Januari tahun 2023 mencapai 2,57% sedangkan inflasi bulan ke bulan di Januari 2024 terhadap Desember 2023 mencapai 0,04%.

Secara historis inflasi bulanan, pada Januari selalu terjadi inflasi  kelompok makanan, minuman dan tembakau hingga memberikan andil signifikan. Pada Januari  kelompok tersebut mengalami inflasi sebesar 0,18% hingga menyumbang andil inflasi sebesar 0,05% yang merupakan andil terbesar dibandingkan kelompok lainnya. Meskipun secara month-to-month kelompok tersebut mengalami inflasi Januari yang relatif rendah dibandingkan Januari periode sebelumnya, namun secara year-on-year pada Januari 2024 kelompok tersebut mengalami inflasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan pada Januari tahun sebelumnya sebesar 5,84% dengan andil 1,64%.(dr)