0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

RAPAT KOORDINASI PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

Admin ekbangsetda | 19 Juni 2023 | 161 kali

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng pada Senin 19/06/2023, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng mewakili Bapak PJ Bupati menghadiri secara daring Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, bersama Instansi terkait, Pimpinan OPD/BUMD yang tergabung dalam TPID Kabupaten Buleleng.

Rakor dibuka dan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri dengan narasumber dari Kementerian/Lembaga terkait. Beberapa penekanan dalam rakor tersebut diantaranya Menjelang Idul Adha agar memperhatikan ketersediaan cabai rawit dan cabai merah, karena melihat trend yang terjadi tahun sebelumnya dominan menyumbang andil inflasi pada bulan perayaan Idul Adha. Disamping itu agar juga diperhatikan ketersediaan daging sapi dan daging kambing.

Komuditas bahan pokok secara umum stoknya masih mencukupi, namun  yg perlu mendapat atensi bersama adalah daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, cabai rawit dan beras karena adanya kecenderungan kenaikan harga.

 Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengadakan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) di 290 titik lokasi, termasuk di Kabupaten Buleleng yang akan dilaksanakan pada hari Senin tgl 26 Juni 2023, dengan anggaran dari Bapanas sebesar Rp. 15 juta. Diharapkan agar Bapak Bupati berkenan hadir secara online pada acara pembukaan untuk menyampaikan laporan.

 Pemerintah Daerah melalui Satgas pangan agar secara rutin memantau ketersediaan bahan pokok dipasaran dan melakukan langkah/upaya kongkrit untuk menjamin ketersediaan bahan pokok.(dr)