0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

Ekbang Hadiri Rapat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)

Admin ekbangsetda | 10 Agustus 2022 | 165 kali

      Dalam rangka upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Rabu, 10 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Unit IV Setda Kabupaten Buleleng, telah diadakan pertemuan untuk membahas hal dimaksud. Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng Made Rousmini, S.Sos.,MAP. yang didampingi oleh perwakilan dari Inspektorat dan Kepala Bagian PBJ Setda Kabupaten Buleleng serta diikuti oleh pimpinan/perwakilan dari seluruh OPD Lingkup Pemkab Buleleng.

         Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk Membahas Evaluasi Semester I Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kabupaten Buleleng dan pembahasan permasalahan, kendala dan solusi permasalahan dalam penerapan (P3DN) tersebut. Selanjutnya dipaparkan Kabag  PBJ Setda Kabupaten Buleleng I Made Sudarmika, ST materi pertemuan pada kesempatan ini yaitu : (1) Pemberlakuan dasar hukum berupa inpres Nomor 2 Tahun 2022 dan SE KPK Nomor 14 Tahun 2022 yaitu tentang P3DN dan Pencegahan Korupsi PBJ melalui implementasi E-Katalog, (2) Pengelolaan Katalog Lokal yaitu sudah melakukan Penayangan Etalase sebanyak 14 etalase dan 402 produk. Buleleng termasuk peringkat ketiga Tingkat Nasional dg pengadaan senilai 4,35 Miliyar yaitu berupa pengadaan pakaian seragam sekolah (DISDIKPORA), (3) Penerapan Katalog Lokal melalui pembuatan Etalase Katalog, mengidentifikasi kebutuhan Etalase Katalog Lokal, mengarahkan belanja PBJ melalui Katalog Lokal, serta melaksanakan Sosialisasi Katalog Lokal kepada penyedia (UMKM dan Koperasi). Pada pertemuan ini setelah masing-masing OPD memaparkan hasil pelaksanaan (P3DN) nya terdapat beberapa yang masih dibawah target yang mjd ketentuan (dibawah 40%). Adapun OPD dimaksud adalah Dinas Kominfosanti, Dinas PMD, BKPSDM, Dishub, dan Kecamatan Sawan.

           Mengakhiri pertemuan Ibu Asisten menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir dalam pertemuan ini untuk meningkatkan kegiatan P3DN nya dan bagi OPD yang masih dibawah 40% baik dalam hal pengimputan, penayangan dan validasi maupun pelaporannya agar secara proaktif berkoordinasi ke Bagian PBJ agar pelaksanaan selanjutnya bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

        Hadir mewakili Kepala Bagian Ekbang Setda Kabupaten Buleleng, Analis Kebijakan Ahli Muda Substansi Pembangunan Ketut Reniati, SE, MAP.