0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

BIMBINGAN TEKNIS EVALUASI KINERJA LEMBAGA PERKREDITAN DESA TAHUN 2021 DI LPD AMBENGAN KECAMATAN SUKASADA

Admin ekbangsetda | 23 Oktober 2021 | 227 kali

Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng mengikuti kegiatan Bimtek Kinerja LPD di LPD Ambengan Kecamatan Sukasada, Bimtek tersebut di adakan pada hari Jumat Tanggal 22 Oktober 2021 di Ruang Aula LPD Ambengan, yang dibuka oleh Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng dan di hadiri oleh Kepala LP LPD Provinsi Bali, Konsultan LPD, BKS LPD Kabupaten Buleleng, serta 30 Peserta Bimtek Pemucuk LPD.

LPD merupakan unsure kelembagaan Desa Adat yang menjalankan fungsi keuangan Desa Adat untuk mengelola potensi keuangan Desa Adat. LPD yang bernaung dibawah Desa Adat memiliki fungsi strategis dalam menggerakkan berbagai sektor ekonomi di pedesaan dan menciptakan kesempatan berusaha.

Eksistensi LPD di Bali tidak semata mata sebagai lembga yang memberikan pinjaman/kredit, deposito maupun tabungan semata, akan tetapi bagaimana LPD mampu melakukan proses pengelolaan dana di masyarakat desa dengan selalu meaksanakan prinsip ke hati-hatian sehingga perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dalam rangka mengevaluasikan sebagai proses identifikasi, mengukur, menilai apakah kegiatan tersebut sudah sesuai perencanaan berhasil mencapai tujuan atatu tidak.

Dalam sambutan Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid-19 membuat banyak pelaku usaha mengalami dampak dan kendala dalam pengelolaannya, tak terkecuali LPD, LPD sebagai salah satu Lembaga Keuangan di desa yang terkena dampak tersebut. Keberadaan LPD ditengah kondisi pandemi mengalami dampak yang signifikan terhadap penurunan, baik dari segi asset maupun laba, namun kuatnya eksistensi LPD dimasa pandemi tidak terlepas dari besarnya dukungan krama serta kerjasama yang baik dari seluruh elemen Desa bersama Pengurus dan Pengelola LPD, sehingga keberadaan LPD khususnya di Kabupaten Buleleng saat ini masih tetap ajeg.

Dan dalam kesempatan sambutannya di Bimtek tersebut Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng mengharapkan melalui terselenggaranya Bimtek kinerja LPD berharap ada pemahaman yang sama yang dapat memberikan solusi dan memperbaiki kondisi LPD secdan agar masing-masing Pemucuk LPD dapat saling bertukar informasi, sehingga bisa mencari hal-hal positif yang bisa diterapkan dalam menghadapi segala permasalahan khususnya yang menyangkut permasalahan – permasalahan di LPD. (dr)