0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

IDENTIFIKASI EKONOMI BASIS TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI

Admin ekbangsetda | 28 Oktober 2019 | 3202 kali

 

Indonesia merupakan negara berkembang dengan laju pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi di setiap daerah. Dimana di setiap daerah memiliki sektor unggulan untuk memajukan tingkat ekonomi daerah tersebut. Laju pertumbuhan di setiap daerah sangat beragam sesuai dengan potensi yang ada di daerahnya masing-masing. Laju pertumbuhan ekonomi akan sangat bermakna bila pertumbuhan tersebut terjadi pada sektor yang memiliki potensi atau kemampuan dalam mendorong proses peningkatan dan percepatan pengembangan serta pembangunan ekonomi suatu daerah yang termasuk dalam sektor basis.

Pada hal ini, dapat diketahui bahwa dalam laju pertumbuhan ekonomi juga terdapat ekonomi basis serta ekonomi non basis. Ekonomi basis sendiri yaitu kegiatan ekonomi yang melayani pasar domestik maupun pasar luar daerah. Sektor basis sendiri dapat mengahsilkan produk dan jasa yang nntinya akan mendapatkan keuntungan. Hal tersebut dapat menyebabkan suatu daerah akan memiliki kemampuan untuk mengekspor barang dan jasa yang dihasilkan oleh sektor ke daerah lain sehingga dapat disebut juga dengan sektor unggulan suatu daerah. Sedangkan sektor ekonomi basis yaitu kegiatan ekonomi yang hanya mampu melayani pasar daerahnya sendiri. Dalam hal tersebut dapat dilihat bahwa sektor ekonomi non basis dipengaruhi oleh permintaan kondisi ekonomi suatu daerah dan tida bisa berkembang melebihi pertumbuhan ekonomi wilayah.

Sektor-sektor yang dianalisa di sector basis dan sektor non basis dalam hal komoditas. Dimana komoditas disetiap daerah wilayah memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing dari wilayah tersebut. Penentuan sektor basis dan non basis dilakukan dengan perhitungan komoditas -- komoditas melalui Analisa LQ. Analisa LQ dapat dilakukan dengan dasar pertimbangan ketersediaan dan kapabilitas sumber daya. Analisa ini dilakukan untuk melihat dan mengetahui sektor unggulan suatu daerah untuk dalam menentukan sektor penunjang andalannya. Analisa yang dilakukan untuk menunjang potensi unggulan suatu daerah agar mampu bersaing secara berkelanjutan.(dr)