0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PERINGATI HUT KOTA SINGARAJA KE-410, BUPATI AJAK MASYARAKAT TELADANI SEMANGAT PERJUANGAN KI BARAK PANJI SAKTI

Admin ekbangsetda | 04 April 2014 | 515 kali

Alkisah diceritakan sosok pemimpin yang gagah berani,adil,bijaksana lahir di Bumi Den Bukit dengan gelar Ki Gusti Ngurah Panji Sakti. Nama pemimpin pasukan " Truna Goak" yang berjumlah 2000 orang ini pun semakin harum setelah berhasil menguasai daerah jajahannya hinggga ke Blambangan, atas keberhasilannya tersebut kemudian dibangunlah istana raja yang disebut Singaraja tepat pada tanggal 30 Maret 1604. Nama Singaraja pun diambil untuk menggambarkan keperwiraan raja Ki Gusti Ngurah Panji Sakti yang tak ubahnya seperti Singa.

Sepenggal kisah tentang sejarah lahirnya kota Singaraja berupa drama ini pun dibawakan secara apik oleh sekaa drama Nong-Nong Kling Desa Banyuning untuk mengingatkan kembali tentang kejayaan dan filosofi lahirnya Kota Singaraja kepada masyarakat. "Semangat perjuangan dan keteladanan Ki Barak Panji Sakti yang ingin kita hidupkan pada momentum HUT Kota, harapannya masyarakat semakin bangga dengan Singaraja" tegas Bupati Putu Agus Suradnyana yang hadir didampingi Wabup Nyoman Sutjidra, Sekda Dewa Ketut Puspaka beserta Muspida Buleleng dalam Apel Peringatan HUT Kota Singaraja yang ke-410 di Lapangan Taman Kota Singaraja, Minggu 30/03.

Menurut pandangan Bupati, memasuki usia Kota Singaraja yang ke-410, masih banyak potensi yang belum digali secara optimal untuk meningkatkan kesejaheraan masyarakat, padahal dengan dukungan sumber daya alam dan manusia berkualitas yang lahir di Bumi Den Bukit, Momentum ini-lah saatnya untuk bangkit dan mampu berprestasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " Saya selalu berharap partisipasi masyarakat dalam mendukung pemerintahan, tujuannya jelas agar pembangunan Buleleng secara umum benar-benar dirasakan oleh masyarakat" papar Bupati yang telah memasuki tahun keduanya memimpin Buleleng.

Dalam moment HUT Kota Singaraja, harapan khusus pun disampaikan Bupati Putu Agus Suradnyana, sebagi orang nomer satu di Buleleng dirinya berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas dan keamanan Buleleng, " Suasana Buleleng damai yang terbangun atas kebersamaan yang telah kita ciptakan sampai dengan saat ini mohon tetap dijaga, jangan lagi ada komunikasi dan perbedaan pendapat yang dapat merugikan Buleleng, Pemerintah akan selalu terbuka dan memberikan ruang komunikasi yang baik bersama masyarakat agar rasa saling memiliki dapat terus terbangun" pungkasnya.