0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

RAKOR PENGENDALIAN INFALSI DAERAH KABUPATEN BULELENG

Admin ekbangsetda | 18 Desember 2023 | 188 kali

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng pada hari Senin 18 Desember Tahun 2023, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, mewakili Bapak PJ Bupati menghadiri secara daring Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi bersama Instansi terkait, perwakilan OPD/BUMD yang tergabung dalam TPID Kabupaten Buleleng. 

Beberapa penekanan dalam rakor tersebut diantaranya mengenai Kondisi inflasi Provinsi dan Kabupaten/Kota Bulan Nopember 2023, Kabupaten Buleleng masuk 10 inflasi tertinggi yaitu menempati urutan kelima dengan jumlah inflasi sebesar 4,47% (y-o-y). Beberapa komoditas yang berpotensi mengalami inflasi pada bulan Desember 2023 diantaranya telor ayam ras, cabai merah, cabai rawit dan daging ayam ras.

Sedangkan perkembangan beberapa komoditas yang mempengaruhi perubahan IPH, kooditas yang mengalami kenaikan harga pada minggu ke II desember 2023 diantaranya: bawang merah, gula pasir, cabai merah, telor ayam ras, bawang putih, jeruk, minyak goring, tempe, beras, daging ayam ras.

Kenaikan harga cabai diduga disebabkan oleh penurunan produkasi dan mundurnya musim tanam akibat El Nino, kendati demikian, harga cabai di Jawa Timur (sentra produksi) saat ini sudah mulai mengalami penurunan.

Badan Pangan Nasional mengantisipasi terus berlanjutnya kenaikan harga beras dikonsumen melalui penderasan SPHP. Realisasi penyaluran beras SPHP s/d 17 Desember 2023 sebesar 1,07 ton, penyaluran terbesar di wilayah DKI Jakarta dan Banten, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Badan Pangan Nasional menghimbau dan memohon kepada Kepala Daerah untuk memanfaatkan dana dekonsentrasi untuk melaksanakan GPM setiap minggu terutama untuk inflasi pangan tinggi dan belum pernah melaksanakan GPM. Perum Bulog juga melakukan penjualan beras komersial dan pangan lain dengan tetap menjaga HET atau harga Acuan Penjualanmasing-masing pangan.

Sesuai arahan Bapak Presiden Republik Indonesia mulai tanggal 13 September 2023 SPHP juga dilakukan melalui PT. Food Statiton dan PIBC. Total realisasi sampai saat ini adalah 24.109 ton. Perum Bulog bersama dengan Pemerintah Daerah bekerjasama dalam rangka pengendalian inflasi khususnya kelompok makanan dengan membentuk “Hub atau Stockist” di pasar.(dr)