0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PASAR MURAH MENJELANG HARI RAYA

Admin ekbangsetda | 22 Mei 2023 | 73 kali

Pelaksanaan pasar murah yang dilaksanakan oleh TPID Kabupaten Buleleng menjelang hari raya Pagerwesi, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng melalui Tim TPID mengikuti pelaksanaan pasar murah yang bertempat di pasar Anyar tanggal 22 mei 2023. Pasar Murah  tersebut didukung oleh distributor yg mempasilitasi pelaksanaan pasar murah tersebut diantaranya  PD. PASAR, PD. SWATANTRA, BULOG, GIB, CV.SUMBER JASA GEMILANG.

Adapun harga-harga komoditas yang dijual diantaranya cabai rawit 1 kg dujial Rp. 35.000, bawang putih 1 kg jual Rp. 30.000, bawang merah 1 kg jual Rp. 24.000, minyak kita 1 ltr jual Rp. 14.000, minyak hemat 1 ltr jual Rp. 16.500, minyak sania 1 ltr jual Rp. 18.000, gula pasir 1 kg jual Rp. 13.000, beras merk SPHP 1 kg jual Rp. 8.600, beras premium 1 kg jual Rp. 11.500, telor 1 kerat jual Rp. 53.000, tepung terigu merk Tulip 1 kg. jual Rp. 10.000 .

Diadakannya Pasar murah  diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah, serta mendukung perkembangan pasar dan UMKM di Kabupaten Buleleng.

Dalam minggu ke-3, rata-rata komoditas di Singaraja menunjukkan penurunan harga dibandingkan dengan April 2023. Komoditas penyumbang penurunan harga terbesar di Singaraja adalah cabai rawit, cabai merah, beras, bawang merah dan daging babi. Komoditas penyumbang peningkatan harga terbesar di Singaraja adalah daging ayam ras, bawang putih, canang sari, telur ayam ras dan sawi hijau.

Sebagian besar pasokan komoditas tersebut diatas meningkat sehubungan dengan kembalinya aktifitas pedagang pasca hari raya Idul Fitri.  Sebagian besar supplier sudah mulai  mengirim komoditas ke pasar karena permintaan mulai meningkat dan supplier  diinformasikan sebagian besar sudah kembali buka. Pasokan menurun pada komoditas beras, daging ayam ras dan gula pasir. Panen padi diluar Bali (Jawa dan Lombok) sudah berakhir namun gabah asal Bali tetap dibawa keluar Bali sebagai campuran beras lokal.

Dalam Isu Strategis harga daging ayam ras meningkat shd produksi daging ayam menurun/kurang maksimal. Harga bawang putih meningkat karena pasokan belum kembali normal. Harga canang sari meningkat dipengaruhi oleh peningkatan harga bahan baku canang. Harga sawi hijau meningkat karena pasokan dipasar terbatas dan produksi petani menurun karena faktor cuaca. Harga telur ayam ras meningkat karena kenaikan harga pakan ayam dan pengiriman telur keluar Bali (Jawa). Tarif angkutan antar kota kembali normal pasca libur Idul Fitri.(dr)