0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

DISKUSI PENYALURAN PROGRAM STABILITAS PASOKAN DAN HARGA PANGAN

Admin ekbangsetda | 23 Agustus 2023 | 123 kali

Dalam rangka pembahasan mengenai program stabilitas harga pangan, Berdasar Surat No.25/1027/Dpr/Srt/B, Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng melalui Staf Sumber Daya Alam menghadiri dan mengikuti Diskusi Penyaluran Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), yang bertempat di Ruang Digital Lantai 2 ,Kantor Perwakilan BI Prov Bali (23/08/2023).

Diskusi tersebut diikuti oleh Kanwil Bulog Bali, Koordinator Paiketan Perumda Pangan Kerta Buana Santi, Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian Prov Bali serta 9 Kabag Perekonomian Kab/Kota se Bali. Acara dibuka oleh Deputi  Kepala Perwakilan BI Prov Bali dan pemaparan materi di sampaikan oleh Kanwil Bulog Bali.

Dalam diskusi tersebut membahas tentang Tren perkembangan harga beras global yang cendrung naik, dikarenakan pengaruh iklim dan pasokan beras impor berkurang maka diperlukan upaya-upaya antisipasi untuk menekan inflasi. Realisasi SPHP Bali mencapai 31.79% masih di bawah realisasi SPHP Nasional yaitu 58,61% dari target 11791000 kg

Pada Agustus 2023 Neraca beras di Bali masih mengalami surplus, khusus Kabupaten Buleleng ketersediaan 2156 ton sedangkan kebutuhan 1698 ton. Operasi pasar/pasar murah terus dilaksanakan dan juga pengawasan satgas pangan setiap Pemda.

Serapan beras SPHP setiap Daerah ditingkatkan dengan mengacu HET yg ditetapkan. Dengan tidak lagi Bulog melayani para Distributor beras diharapkan Pemda melalui Perumda Pasar bekerjasama dengan kios-kios/pengecer untuk pendistribusian beras SPHP.(dr)