0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

WANARA LABA DI PURA PULAKI

Admin ekbangsetda | 24 September 2018 | 709 kali

 

Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng ikut serta dalam pelaksanaan upacara Wanara Laba (memberi makan kera di Pure Agung Pulaki. Kegiatan ini dilaksanakan serangkaian Upacara Pujawali di Pura Agung Pulaki lan Pesanakan Ida yang bertepatan pada Purnamaning Sasih Kapat.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai surat edaran pengempon Pura Agung Pulaki lan Pesanakannya, yang berlangsung pada tanggal 24-26 September 2018 yang diikuti masing masing bagian dan dinas di lingkup Pemkab Buleleng.

Wanara Laba ini Rutin dilaksanakan setiap tahun, masing-masing bagian dan OPD lingkup Pemkab Buleleng wajib menghaturkan.

Sementara itu Pelingsir Pura Agung Pulaki Ida Bagus Mangku Temaja mengatakan, sebelum pujawali di gelar pada malam harinya, di Pura Pulaki diselenggarakan upacara Wanara Laba, sebuah upacara persembahan untuk ratusan kera yang selama ini menjadi penghuni perbukitan di areal Pura Pulaki.

Yang lebih unik, saat itu juga digelar upacara lelabaan untuk wong samar  atau gamang yang sejauh ini diyakini turut menjaga Pura Pulaki dan Pura Pesanakannya yang lain.

Kegiatan ini dilakukan agar saat Pujawali para kera itu tetap setia menjaga kelancaran dan kerahayuan pujawali.

Secara simbolis, upacara itu memnag dilakukan bagi kera di Pura Pulaki, namun sesungguhnya upacara itu jyga dihaturkan bagi kera yang ada di seluruh Bali  agar selalu menjaga Bali tetap ajeg dan rahayu.