0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PEMERINTAH RANCANG 3 STRATEGI UTAMA DEMI PERTUMBUHAN EKONOMI BERKUALITAS

Admin ekbangsetda | 10 Juni 2020 | 9113 kali

Pemerintah merancang tiga strategi utama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di tahun 2020. Pertama, penguatan neraca perdagangan. Kedua, penguatan permintaan domestik. Ketiga, transformasi struktural. Selain merawat fundamental ekonomi agar tetap sehat, pemerintah juga akan menjaga sentimen.

Mengenai penguatan neraca perdagangan, Pemerintah fokus pada peningkatan ekspor melalui pengembangan hortikultura berorientasi ekspor dan percepatan perundingan internasional. Selain itu, Pemerintah juga berkomitmen mengurangi ketergantungan impor melalui sinergi BUMN dalam percepatan mendatori B30, restrukturisasi TPI/TPPi, dan pengembangan usaha gasifikasi batubara.

Sementara dari sisi penguatan perminntaan domestik, Pemerintah akan meningkatkan konsumsi masyarakat melalui kebijakan KUR, penerapan Kartu Prakerja, dan kemudahan Sertifikasi Halal untuk UMK. Kemudian untuk meningkatkan konsumsi pemerintah akan dicapai dengan percepatan dan perluasan digitalisasi transaksi daerah. Dan yang terpenting adalah peningkatan investasi. Pemerintah akanmengejar dengan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, percepatan penyelesaian dan penetapan RTRW dan RDTR Kabupaten/Kota, serta percepatan pelaksanaan pengadaan tanah.

Adapun untuk transformasi struktural dilakukan melalui revitalitas industri pengolahan, transformasi sektor jasa, transformasi pertanian, pembangunan infrastruktur berkelanjutan, dan hilirisasi pertambangan.

Program Quick Wins terkait antara lain pengembangan litbang industri farmasi, pengembangan usaha dan riset green energy serta katalis, kemitraan pertanian berbasis teknologi, pengembangan kawasan Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjung Pinang.(dr)

Download disini