0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PEMBANGUNAN NASIONAL TAK LAGI ANDALKAN KOMODITAS DAN SDA

Admin ekbangsetda | 21 Juni 2019 | 535 kali

 

Bappenas menargetkan untuk menjaga stabilitas pembangunan nasional secara konsisten. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan untuk menjaga stabilitas pembangunan nasional secara konsisten. Salah satu caranya adalah dengan menghindari pembangunan yang mengandalkan sumber daya allam (SDA). Pemerintah terus berupaya mencari jalan agar kedepan kebutuhan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih sustainable, artinya pertumbuhan tidak lagi bergantung pada komoditas dan SDA. Gejolaknya sangat ekstrem sehingga bisa berdampak signifikan pada pembangunan nasional.

Kepala Bappenas mengatakan bahwa pada tahun 2016 perekonomian Indonesia sudah mulai terjaga, bahkan mampu mengcover dampak terburuk dari penurunan harga komoditas dan SDA. Meski demikian, Pemerintah tetap menjaga stabilitass pertumbuhan dan mulai 2017 Pemerintah tidak mau bergantung pada sumber perekonomian yang berpotensi besar untuk mengalami gejolak tinggi. Masalahnay, akibat dari ketergantungan pada satu jenis komoditas, perekonomian Indonesia mengalami gelombang yang sangat berat. Oleh karena itu, Pemerintah bertekad menghindari pertumbuhan yang bersumber pada komoditas semata.

Pemerintah sekarang mau berupaya agar kita kedepannya dapat menjaga dan meningkatkan perekonomian Indonesia yang lebih sustain atau berkelanjutan. Supaya kedepannya, naik atau turunnya angka komoditas dipasar internasional menjadi minimal terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai terus menerus.(Dr)