0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

PEMBANGUNAN DAERAH BUTUH KEARIFAN LOKAL

Admin ekbangsetda | 06 Februari 2019 | 1872 kali

 

Keberhasilan pembangunan daerah di Indonesia  tergantung kepala daerah melihat potensi di wilayahnya. Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, pembangunan di daerah tidak tergantung pada pemerintahan pusat melainkan kearifan lokasi pemerintah daerah. Ketika pemerintah pusat bertekad melakukan pembangunan di  daerah tetapi pemerintah daerah tidak antusias, maka pembangunan akan berjalan lambat. Tetapi bila pemerintah daerah antusias, maka pembangunan akan berjalan. Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar pembangunan infrastruktur kenektivitas memperhatikan kebutuhan masyarakat. Pemerintah Pusat mengapresiasi pemerintah daerah yang berinisiatif melakukan pembangunan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengatakan kearifan lokal ini mulai dari pembangunan di tingkat pemerintah desa. Ketika diberi kesempatan, desa akan mampu mengurangi kesenjangan di Indonesia. Kantong-kantong kemiskinan itu ada di desa. Pertumbuhan ekonomi growth tanpa dibarengi pengurangan kemiskinan itu mustahil. Karena itulah, kearifan local menjadi salah satu perhatian pentingn Indonesia Development Forum 2018. Forum ini mendorong praktik baik di daerah menjadi contoh solusi pembangunan bagi daerah lain.

Indonesia Development Forum 2018 digagas Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative. IDF 2018 mempunyai tema besar “ Pathways to Trackle Regional Disaprities Across The Archipelago. IDF 2018 mendorong percepatan pembangunan di   Indonesia yang lebih merata dan berkelanjutan, berbasiskan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan fakta. Hasilnya, akan digunakan untuk bahan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2020-2024.(Dr)