0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

KUNCI PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA ADALAH EKSPOR DAN INVESTASI

Admin ekbangsetda | 20 Mei 2019 | 542 kali

 

Menteri Perdagangan menegaskan bahwa ekspor dan investasi menjadi kunci peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan untuk kinerja ekspor nonmigas pada tahun 2018 ditargetkan naik sebesar 11%. Penetapan target pertumbuhan ekspor nonmigas tersebut dengan mempertimbangkan pertumbuhan kinerja ekspor Indonesia di tahun 2017 yang mencapai USD 168,7 miliar, atau tumbuh 16,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekspor dan investasi. APBN merupakan stimulasi. Selain itu pada tahun 2017 Indonesia juga berhasil mencatat surplus perdagangan sebesar 11,8 miiar dollar AS. Pemerintah terus berupaya meningkatkan ekspr barang bernilai tambah tinggi.

Saat ini pemerintah gencar untuk berupaya membuka pasar ekspoor nontradisional sesuai amanat Presiden RI. Salah satu pasar ekspor nontradisional yang dinilai cukup potensial adalah Negara-negara di kawasan Afrika dan Amerika Latin. Untuk wilayah Afrika, pemerintah Indonesia telah sepakat untuk segera memulai perundinngan Prefential Trade Agreement (PTA) dengan tiga Negara di benua Afrika, yaitu Mozambik, Tunisia dan Maroko.(Dr)

Download disini