0362 21985
ekbangsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Perekonomian dan Pembangunan

4 SYARAT AGAR EKONOMI INDONESIA TERBESAR NOMOR 5 DI DUNIA

Admin ekbangsetda | 31 Mei 2019 | 1092 kali

 

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menyatakan pada tahun 2045 Indonesia bisa menjadi Negara maju dengan ekonomi terbesar kelima di Dunia. Bahkan Produk Domestik Bruto (PDB) ditahun 20145 akan sebesar USD 7,3 triliun. Menteri menyatakan maka pada tahun yang juga tepat sebagai 100 tahun kemerdekaan, Indonesia juga sudah dimiliki sumber daya manusia yang unggul, yakni berbudaya dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ekonomi yang juga merata dan inklusif, serta menjadi Negara demokkratis, kuat dan bersih.

Menurut Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, ditahun 2045 tingkat Produk Domestik Bruto (PBD) Indonesia akan sebesar USD 7,3 triliun, berada dibawah China, India dan Jepang. Dimana pendapatan per kapita akan berada diatas USD 25.000. Dengan demikian Indonesia bisa keluar dari middle income trap yang selama ini selalu jadi permasalahan terbesar. Namun di akui visi di 2045 itu tak bisa otomatis tercapai, perlu upaya keras untuk mendorong perekonomian dalam negeri, sehingga bisa lepas jebakan Negara berpendapatan menengah.

Dalam pencapaian tujuan tersebut, maka terdapat empat pilar pembangunan yang didorong oleh Pemerintah. Pertama pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kedua pembangunan ekonomi berkelanjutan, ketiga pemerataan pembangunan, dan keempat ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Visi menjadi ekonomi terbesar kelima merupakan bagian dari impian Indonesia 2015-2085 yang di gagas oleh Presiden Joko Widodo. Dimana impian itu untuk mewujudkan Indonesia menjadi Negara yang bersatu berdaulat adil dan makmur. Sehingga impian itu diterjemahkan dalam visi 2045 yang disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas dalam menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonnesia.(Dr)

Download disini