PERAN KELEMBAGAAN TERHADAP PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN DAERAH

  • Admin Ekbangsetda
  • 07 Juli 2020

Pada dasarnya peran suatu kelembagaan sangat diperlukan dalam proses kegiatan pembangunan untuk meningkatkan segala infrastruktur demi mensejahterakan kehidupan masyarakat. Kelembagaan merupakan suatu hubungan manusia yang dibentuk melalui struktur kelompok dalam masyarakat yang dibentuk untuk mengatur suatu organisasi dengan tujuan yang sama dan dibatasi oleh norma-norma serta kode etik demi mensukseskan awal dari terbentuknya kelembagaan tersebut.

Dalam suatu pembangunan di daerah peran kelembagaan sangat penting keberadaannya, sebab kelembagaan juga menjadi kunci sukses dalam kelancaran dan berjalannya pembangunan tersebut. Suatu kelembagaan harus dapat membaca dan memantau segala kegiatan perekonomian yang ada di dunia luar. Hal ini agar kelembagaan dapat memprediksi perkembangan perekonomian yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tahap awal pembentukan suatu kelembagaan harus sangat diperhatikan, kelengkapan dan kesiapan suatu kelompok harus dibangun secara matang agar tidak menimbulkan kekacauan pada saat menjalankan suatu lembaga atau organisasi tersebut.

Di era modernisasi ini segala sesuatu sudah sangat dipermudah dengan kecanggihan teknologi yang sudah sangat maju sehingga memudahkan segala aktivitas dan kebutuhan manusia. Untuk mengimbangi di era yang modern ini penting adanya pembangunan baik dalam infrastruktur dan perekonomian demi mengimbangi segala kebutuhan yang diinginkan oleh manusia serta agar tidak terjadi ketertinggalan daerah satu dengan daerah yang lainnya. Pembangunan ini juga tidak hanya berperan dalam kelengkapan infrastruktur di sarana dan prasarana tetapi juga dalam pembangunan Perekonomian pada suatu daerah. Pembnagunan pada suatu daerah harus terus dilakukan dengan meningkatkan segala sektor basis atau potensi-potensi lainnya yang dimiliki oleh daerah tersebut. Dengan begitu akan berpengaruh terhadap kesejahteraan perekonomian masyarakatnya. Apabila suatu daerah masyarakatnya. Apabila suatu daerah telah berhasil mensejahterakan masyarakatnya itu berarti daerah tersebut juga berhasil dalam sektor perekonomian yang dimilikinya.

Semakin berkembangnya zaman pembangunan infrastruktur maupun perekonomian di daerah kedepannya akan banyak sekali tantangan yang dihadapi, seperti tantangan untuk tetap terus menjaga keseimbangan pembangunan dan pemerataan di daerah, tetap melengkapi kebutuhan yang terjamin bagi pelayanan masyarakat, dan tetap terus mewujudakan pembangunan daerah yang berkelanjutan. Oleh karena itu peran kelembagaan yang bertanggung jawab dengan struktur organisasi yang jelas sangat diperlukan demi keberhasilan pembangunan perekonomian daerah.(dr)

Share Post :